Rabu, 11 Agustus 2010

Manfaat Yoghurt


Yoghurt
Kata Yoghurt berasal dari Bahasa Turki yaitu, Jugurt atau Yogurut yang artinya Susu Asam. Secara definisi, Yoghurt adalah produk yang diperoleh dari susu yang telah dipasteurisasi, kemudian difermentasikan dengan bakteri tertentu sampai diperoleh keasaman, bau, dan rasa yang khas dengan atau tanpa penambahan bahan lain yang diijinkan.

Proses fermentasi yang terjadi akan menambahkan kandungan gizinya. Komposisi Zat Gizinya mirip dengan susu. Bahkan ada beberapa komponen yang jumlahnya lebih tinggi seperti Vit B Kompleks, Kalsium dan Protein. Selama proses fermentasi susu menjadi Yoghurt terjadi sintesis Vit B Kompleks khususnya Thiamin (B1) dan Riboflavin (B2) serta beberapa Asam Amino penyusun proyein. Tak ada yang memungkiri bahwa komponen Zat Gizi tersebut sangat berguna bagi kesehatan.


Yoghurt ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti :

1. Mengkonsumsi Yoghurt dapat mengatasi intoleransi Laktosa yang biasanya diikuti oleh diare. Bakteri Asam Laktat dalam Yoghurt dapat menguraikan Laktosa Susu menjadi Monosakarida yaitu Glukosa & Galaktosa sehingga susu mudah dicerna & diserap tubuh. Selama proses pembuatan Yoghurt diperkirakan ada 30% Laktosa Susu yang diurai menjadi Glukosa & Galaktosa. Bakteri Asam Laktat juga dapat mensintesis & mengaktifkan Enzim Laktase sehingga mampu memperbaiki kerja saluran pencernaan. Dengan meminum Yoghurt secara teratur kita tidak akan lagi mengalami diare karena intoleransi Laktosa.

2. Menyembuhkan Sakit Maag. Penderita sakit maag biasanya mengalami luka pada dinding lambungnya. Asam Laktat yang terbentuk dalam Yoghurt berfungsi untuk menutupi luka tersebut. Selain itu bakteri Asam Laktat mampu membentuk Asam Organik, Hidrogen Peroksida & Bakteriosin yang bersifat Mikrosidal atau mematikan mikroba lain yang merugikan.

3. Meringankan Kerja Lambung & Sistem Pencernaan. Yoghurt bersifat mengaktifkan bakteri bersahabat dalam usus sehingga dapat memperbaiki & menyempurnakan fungsi pencernaan. Yoghurt juga punya daya antibiotika yang dapat menghindarkan pembusukan terlalu dini dalam usus halus sehingga dapat menormalkan keseimbangan di dalam usus halus. Yoghurt diperlukan oleh orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan & para Lansia. Kadar asam lambung orang Lansia umumnya mengalami penurunan hingga 85%

4. Mencegah Osteoporosis. Salah satu pencegahan Osteoporosis adalah dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Kalsium tinggi secara teratur. Bayangkan hanya dengan mengkonsumsi Yoghurt sebanyak 200 cc, dua kali per hari, kebutuhan Kalsium tubuh dapat terpenuhi sebanyak 600 mg. Angka kecukupan harian Kalsium untuk remaja 600-700 mg sedangkan untuk dewasa 500-800 mg.

5. Menurunkan kadar Kolesterol. Bakteri Asam Laktat yang terdapat dalam Yoghurt dapat mendegradasi Kolesterol menjadi Coprostanol yaitu sebuah Sterol yang tidak dapat diserap usus. Selanjutnya, Coprostanol & sisa Kolesterol dikeluarkan bersama sama tinja. Dengan demikian, jumlah kolesterol yang diserap tubuh menjadi rendah.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Konsumsi Yoghurt secara teratur dapat menurunkan Hipertensi. Peptida yang dihasilkan Protein Susu membentuk Tripeptida yang menyerupai Enzim Angiotensin I. Enzim ini berfungsi menghambat & menurunkan tekanan darah. Pada bakteri Lactobacillus Casei YIT 9018 memiliki fragmen yang akan membantu menurunkan tekanan darah Diasol & systol serta denyut jantung.

7. Mengatasi Keputihan & Infeksi Jamur. Mengkonsumsi satu gelas Yoghurt setiap hari mampu mengurangi & menghambat pertumbuhan jamur di dalam organ intim wanita. Karena itu Infeksi Jamur penyebab keputihan dapat dicegah dan diatasi.

8. Mencegah Kanker. Terutama Kanker Colon (usus besar), Servics (karena adanya Asam Folat) & Prostat (karena adanya Mineral Seng/Zn dalam Yoghurt). Beberapa kandungan mineral atau zat dalam Yoghurt dapat berfungsi sebagai Anti Karsinogen. Kandungan Kalsium yang cukup tinggi dalam Yoghurt dapat mengurangi resiko seseorang terkena Kanker Colon. Senyawa yang terkandung dalam Yoghurt akan memacu senyawa Interferon & memproduksi sel Naturalkiller yang akan menggempur bibit Tumor & Kanker.

9. Menyegarkan Pernapasan. Napas yang berbau tidak sedap salah satu penyebabnya adalah kuman atau bakteri. Mengkonsumsi Yoghurt sebanyak 170 gram setiap hari dapat membuat napas menjadi segar & bau mulut hilang. Selain itu plak pada gigi & penyakit radang gusi juga menurun

10. Melangsingkan Tubuh. Komponen dalam Yoghurt yang dapat membantu melangsingkan tubuh adalah Kalsium. Banyak ahli meyakini bahwa ada hubungan antara Kalsium & berat badan. Kalsium dalam Yoghurt mampu melawan Kolesterol dengan cara menghambat penyerapan lemak jenuh dalam saluran pencernaan.

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Yoghurt diketahui mengandung mineral Seng (Zn) yang memiliki fungsi & kegunaan sbb :

Menghidupkan kembali fungsi-fungsi kekebalan.
Menaikkan Kadar Albumin yang merupakan penanda Hayati Umur Panjang.
Melawan Radikal Bebas.

12. Meningkatkan Gairah Seksual. Kekurangan Seng (Zn) dapat menyebabkan impotensi. Jumlah sperma berkurang drastis dan testis tidak berkembang optimal. Seng dibutuhkan untuk membentuk dihidrositestosteron (DHT), yaitu enzim penting dalam hormon testosteron. Jika asupan seng dari makanan tidak mencukupi, produksi DHT akan terhambat. Akibatnya jumlah testosteron kurang dari takaran semestinya. Jika kekurangan seng terus dibiarkan menahun bisa menyebabkan radang kelenjar prostat.

Sementara itu, fungsi seng bagi perempuan adalah membantu memperlama pembasahan dinding vagina. Selain mineral seng, Yoghurt juga mengandung vitamin neurotropik yang sangat berperan untuk menjaga keharmonisan hubungan suami isteri karena berfungsi melancarkan fungsi saraf dan kerja otot kelamin. Vitamin neurotropik disebut juga Vitamin B Kompleks yang terdiri dari Vit B1, B6 dan B12. Vitamin B12 membantu mengatasi menurunnya produksi hormon testosteron pada laki-laki dan progesteron pada perempuan. Vitamin B1 membantu menggiatkan kerja kelenjar adrenal sehingga dapat meningkatkan gairah seks seseorang. Vitamin B6 bersama mineral seng dan magnesium bisa mempertahankan ereksi lebih lama.

13. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil. Nutrisi yang dibutuhkan Ibu Hamil adalah Kalsium, Protein, Karbohidrat & Jenis Lemak tertentu agar bayi tumbuh secara optimal. Yoghurt adalah sumber kalsium, protein & asam Folat. Kalsium untuk kesehatan tulang baik untuk Ibu maupun bayinya. Kalsium dalam Yoghurt sangat mudah diserap & jumlahnya cukup tinggi. Asam Folat untuk mencegah cacat lahir pada lempeng saraf & otak (Neural tube defect atau NTD). Selain dari Yoghurt Asam Folat juga dapat diperoleh dari Jus Jeruk, Sayuran Hijau, Kacang-kacangan, Polong-polongan & Brokoli.

1 komentar:

Eka Andipa mengatakan...

thx infonya gan