Selasa, 27 Mei 2008

Apa aja sih Faktor-faktor Terpenting Blog??

Faktor-faktor Terpenting Blog

Berdasarkan survey dari salah satu komunitas blog di Indonesia, dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor terpenting yang ada pada blog di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Kepopuleran sebuah blog ditentukan dari seberapa banyak blog tersebut di-link oleh website lain.
2. Menarik atau tidaknya sebuah blog, lebih banyak ditentukan oleh isi posting.
3. Hanya maksimum 10 blog yang rutin dikunjungi dan maksimum 5 blog yang rutin dibaca oleh seorang audiens blog.
4. Gambaran kasar jumlah pembaca adalah 1,9 kali dari jumlah komentar (pada sebuah topik) yang ada.
5. Blogger Indonesia umumnya menggunakan blog sebagai diary, jurnal atau tulisan tentang hal-hal menarik yang terjadi di sekitarnya.

Fakta-fakta tersebut dapat dijadikan landasan berpikir dalam membuat prinsip-prinsip yang menjadi acuan dalam penerapan blog sebagai salah satu media penyebaran tacit knowledge di dalam aktivitas knowledge management.

Fakta yang disebutkan pada poin pertama, dapat menjadi prinsip bahwa tingkat kepopuleran sebuah blog adalah berbanding lurus dengan banyaknya blog tersebut berada di daftar link blog lain. Dalam praktek knowledge management, satu blog dengan blog lainnya dapat dibuat saling terhubung satu sama lain. Dengan demikian tingkat kepopuleran (banyaknya pembaca sebagai objek dalam penyebaran tacit knowledge) suatu blog dapat menjadi lebih tinggi.

Sebagai contoh, blog yang berisikan tentang “strategi pemasaran perusahaan” juga menyertakan link ke blog-blog lain dengan tema sesuai, seperti “kiat-kiat pemasaran yang baik”, “objek pemasaran perusahan”, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar tema-tema tersebut meningkat jumlah pembacanya, yang berdampak pada luasnya penyebaran tacit knowledge.

Fakta yang disebutkan pada poin kedua, menekankan pada aspek ketertarikan pembaca blog yang ditentukan oleh isi dari blog tersebut. Dalam praktek knowledge management, hal ini dapat menjadi perhatian bahwa seharusnya terdapat relevansi antara pembaca dengan isi yang ada di dalam blog. Artinya, rasa ketertarikan tidak akan muncul kepada pembaca (sekali lagi, pembaca blog adalah objek dalam penyebaran tacit knowledge) apabila tacit knowledge yang menjadi isi dari blog tersebut tidak relevan dengan knowledge apa yang seharusnya diketahui. Sebagai contoh, orang yang bekerja di bagian pemasaran tidak akan tertarik apabila dia melihat topik “bagaimana cara menghidupkan generator yang baik” ada di dalam blog yang ia baca.

Fakta yang disebutkan pada poin ketiga, dapat menjadi tolok ukur seberapa besar efektifitas segi kuantitas dari blog sebagai media penyebaran tacit knowledge. Maksudnya, perlu diperhitungkan juga seberapa luas knowledge telah disebarkan kepada orang-orang yang seharusnya mengetahui. Dari fakta tersebut, dapat dibuat suatu analogi bahwa kira-kira satu orang di organisasi hanya melihat paling banyak 10 blog, dan 5 diantaranya rutin mereka baca. Hal ini setidaknya dapat memberikan gambaran singkat mengenai luas area penyebaran knowledge di dalam organisasi yang menggunakan blog sebagai medianya.

Fakta yang disebutkan pada poin keempat, menunjukkan seberapa banyak adanya komentar terhadap isi blog. Dalam praktek knowledge management, komentar terhadap blog dipandang sebagai suatu tanggapan yang dapat digunakan sebagai evaluasi dari tacit knowledge. Dengan adanya proses evaluasi, knowledge diharapkan akan terus berkembang dan terungkap secara mendalam. Kembali kepada fakta tersebut, jumlah orang yang memberikan tanggapan terhadap knowledge yang mereka dapatkan dari blog adalah hampir setengah dari jumlah orang yang membacanya. Sebagai contoh, dari 20 orang yang bekerja di bagian pemasaran dan semuanya membaca blog yang bertema “strategi pemasaran perusahaan”, hanya 9 orang yang akan berperan aktif dalam memberikan reaksi terhadap knowledge yang mereka dapatkan dari blog tersebut.

Fakta yang disebutkan pada poin kelima, adalah mengenai isi materi yang ditulis oleh blogger. Materi yang diisi oleh blogger biasanya menyerupai dengan materi yang ada pada catatan harian, jurnal, maupun artikel tentang apa yang ada disekeliling mereka. Dalam praktek knowledge management, materi ini menjadi penting. Selain dapat memetakan knowledge apa saja yang diketahui seseorang, hal ini dapat juga menjadi prinsip dalam pengumpulan informasi.

Dalam konteks blog, setiap orang dapat mengisi blog sesuai dengan apa yang dilihat dan dirasakan pada lingkungan sekitar mereka. Namun, yang tetap menjadi perhatian adalah bahwa knowledge dalam blog dapat lebih diterima isi dan penyampaiannya apabila ditulis oleh orang yang berada pada sekitar lingkungan yang sesuai dengan knowledge di blog tersebut. Sebagai contoh, blog yang bertema “mewujudkan visi besar perusahaan” lebih diterima isi dan bahasa penyampaiannya apabila manager bidang IT menulis topik “peran IT sebagai penunjang misi perusahaan” daripada seorang programmer yang menulis topik “kode yang efektif dalam pengembangan aplikasi X”.

Memang tidak ada satu cara yang tepat dalam mengimplementasikan knowledge management. Blog sebagai salah satu media penyebaran knowledge, mungkin dapat menjadi pertimbangan atau dapat digunakan dengan baik di suatu tempat, namun belum tentu berhasil di tempat lain. Penerapan knowledge management yang efektif kembali lagi tergantung kepada konteks organisasi yang menjalankannya.

2 komentar:

yainal mengatakan...

nice review.. boleh tahu sumber dr angka2 diatas? .. :)

Moesds mengatakan...

Blog terbatas hanya dalam mekanisme Tacit Knw ke Tacit Knw.Dalam konteks ini saya ajak anda memahami mekanisme Explicit Knw ke Tacit Kn terus ke Explicit Knw lagi dg cara ikut (baik secara aktif maupun pasif) ber"social networking" dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

Terima kasih

Md Santo